Tiga Wisata Sejarah di Blitar

Tiga Wisata Sejarah di Blitar
// ceritaelsafatur

Di zaman sekarang, dimana hampir segala sesuatunya serba dibuat baper, masa lalu seakan menjadi hal yang harus dilupakan. Hampir semua yang berkaitan dengan kenangan masa lalu selalu dikaitkan dengan kegalauan. Istilah move on menjadi ajang motivasi untuk terus menikmati hidup. Namun, ingin menikmati hidup seperti apa kita kemudian? Melanjutkan hidup tanpa belajar dari kesalahan masa lalu sama saja melanjutkan hidup untuk melakukan kesalahan yang sama di masa depan.

Nah, di postingan kali ini akan dibahas tentang destinasi wisata sejarah yang berada di tanah kelahiran proklamator sekaligus presiden pertama Republik Indonesia, Bung Karno. Yup, Blitar harus menjadi salah satu tujuan liburan kamu. Kira-kira ada tempat bersejarah apa aja sih di kota ini?

Candi Penataran

img_7046 _mg_9624 _mg_2412

Candi yang merupakan candi hindu terbesar di Jawa Timur ini terletak di lereng barat daya Gunung Kelud. Konon nama asli candi ini adalah Candi Palah yang mengandung arti sebagai bangunan suci. Diperkirakan candi ini didirikan sekitar tahun 1200 M pada masa Raja Srengga dari Kediri dan terus digunakan sebagai tempat ibadah hingga sekitar tahun 1415 M, yakni pada zaman pemerintahan Wikramawardhana, Raja Kerajaan Majapahit.

Candi Penataran selain dijadikan wisata religi bagi umat Hindu, sering juga dijadikan tempat untuk penyelenggaraan festival kebudayaan Blitar. Dan yang lebih kerennya, berbagai pementasan seni ditampilkan di atas bagian bagunan candi dengan gemerlap lampu yang menambah suasana meriah dan spektakuler. Pokoknya, buat kamu yang tertarik dengan sejarah, kebudayaan, ataupun arsitektur nusantara harus meluangkan waktunya untuk datang ke mari.

Istana Gebang

Bangunan dengan arsitektur kolonial ini merupakan tempat tinggal dari orang tua Bung Karno. Sebenarnya rumah ini milik dari Poegoeh Wardoyo yang merupakan suami dari Sarmini, kakak kandung Bung Karno. Istana Gebang, yang dalam bahasa Jawa disebut dengan Ndalem Gebang, berlokasi di Jalan Sultan Agung No. 69 Kota Blitar, kira-kira jaraknya dua kilometer dari makam Bung Karno.

img_6948

Selain suasana rumah utama yang akan membawa kamu ke masa-masa tempo dulu, di dalam komplek Istana Gebang juga terdapat balai kesenian yang dulunya memang digunakan sebagai ruang berekspresi bagi para seniman, seperti pementasan wayang.

Nah, hingga sekarang rumah masa remaja Bung Karno ini selalu diselenggarakan haul dan berbagai macam kesenian untuk memperingati hari jadi Bung Karno dan sebagai ajang hiburan rakyat setiap tanggal 6 Juni.

Makam Bung Karno

Bung Karno memang sosok yang sangat melekat di hati banyak masyarakat Indonesia hingga saat ini. Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya peziarah yang datang ke makam Bung Karno setiap harinya.

_mg_9577Memasuki komplek pemakaman ini kita akan melihat sebuah pendopo besar yang di bawahnya terdapat makam Bung Karno dan juga makam kedua orang tuanya, yakni Ayahanda R. Soekeni Sosrodiharjo dan Ibunda Ibunda Ida Aju Njoman. Di atas pusara makam Bung Karno terdapat batu pualam besar yang bertuliskan, “Disini dimakamkan Bung Karno Proklamator Kemerdekaan Dan Presiden Pertama Republik Indonesia. Penyambung Lidah Rakyat Indonesia.”

Komplek pemakaman ini dilengkapi dengan perpustakaan dan juga galeri foto sejarah perjalanan perjuangan Bung Karno. Jadi, selain berziarah kita juga dapat menapaktilasi apa yang telah diperjuangkan bangsa kita sejak dulu. Pastinya kita akan menjadi lebih bangga terhadap bangsa sendiri dan menghargai jasa para pahlawan di masa lalu. Seperti yang Bung Karno pernah katakana, “JAS MERAH, Jangan sekali-sekali melupakan sejarah!”

_mg_2509 img_6965

Sebenarnya, sejarah bukanlah sesuatu yang membosankan, loh. Apalagi kalo kita mempelajarinya langsung di tempat peristiwa sejarah tersebut pernah terjadi. So, jangan lagi baper kalo inget masa lalu, tapi juga diresapi agar dapat menjadi pelajaran berharga di masa depan.

img_6982

Demikianlah tiga destinasi sejarah yang wajib kamu kunjungi jika sedang berada di Kota Blitar. Selamat berlibur!!!

https://ceritaelsafatur.wordpress.com/2016/10/27/tiga-wisata-sejarah-di-blitar/

Editors Notes:

I would remind you that this blog is produced free for the public good and you are welcome to republish or re-use this article or any other material freely anywhere without requesting further permission.

News & Views welcome always published as long as NO bad language or is not related to subject matter.

To keep online information secure, experts recommend keeping your social media accounts private, changing your passwords often, and never answering unsolicited emails or phone calls asking for your personal information. Need help and guidance visit https://acepchelp.wordpress.com and leave a comment or send a private message on Telegram @Aceone31

Ace News Services Site Links Listed Here:

AceTweet This News

Advertisements